Ini Dia Fasilitas Khusus di Bandara Soekarno-Hatta Bagi Pekerja Migran
Jakarta PT Angkasa Pura II (Persero) serta Tubuh Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mempersiapkan sarana spesial di lapangan terbang buat semua pekerja migran WNI atau TKI.
Pada step awal, sarana baru ada di Lapangan terbang Soekarno-Hatta yang disebut titik paling besar untuk keberangkatan serta kembalinya pekerja migran Indonesia.
President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menjelaskan service pada pekerja migran Indonesia akan makin baik adanya beberapa sarana spesial di Lapangan terbang Soekarno-Hatta.
"Ada 5 sarana spesial buat pekerja migran Indonesia di Lapangan terbang Soekarno-Hatta dan mengejar di bandara-bandara yang lain. Kami mengharap dengan sarana ini karena itu service di lapangan terbang buat pekerja migran yang disebut pahlawan devisa buat Indonesia akan semakin lebih baik," jelas ia dalam penjelasannya, Minggu (6/9/2020).
Berikut 5 sarana spesial yang buat pekerja migran Indonesia di Lapangan terbang Soekarno-Hatta:
1. Jalan spesial (special lane)
Lapangan terbang Soekarno-Hatta selekasnya mempunyai jalan spesial buat pekerja migran Indonesia di akhir September 2020.
Jalan spesial ini diantaranya ada di konter imigrasi untuk mengolah keberangkatan serta kembalinya.
RUMUS JUDI BOLA OVER UNDER SBOBET "Biasanya jalan spesial cuma ditujukan buat penumpang first class/business class, lalu crew pesawat, selanjutnya pemegang KITAS, serta pemegang paspor diplomatik. Dalam tempo dekat, Soekarno-Hatta akan sediakan jalan spesial buat pekerja migran Indonesia, serta ini jadi yang pertaman di Indonesia bahkan bisa saja dunia. Ini untuk bentuk animo kami pada beberapa pahlawan devisa," jelas Muhammad Awaluddin.
2. Help desk
Konter help desk buat pekerja migran Indonesia sekarang ini telah ada di Terminal 3 Kehadiran Internasional Lapangan terbang Soekarno-Hatta, persisnya di tempat baggage claim.
Konter ini spesial untuk menolong semua pekerja migran Indonesia saat kembali lagi pulang ke tanah air. Bila pekerja migran Indonesia berasa ketidaktahuan atau kesusahan saat sedang ada di lapangan terbang, karena itu personil help desk selalu menolong.
"Personil help desk spesial pekerja migran Indonesia nanti dapat sama-sama bersinergi dengan konsumen service PT Angkasa Pura II hingga pertolongan yang dikasih ke pekerja migran Indonesia bisa maksimal serta optimal," tutur ia.
3. Lounge
Lounge spesial buat pekerja migran Indonesia direncanakan bisa dibuka di Lapangan terbang Soekarno-Hatta di akhir Oktober 2020.
Lounge ini nanti bisa dipakai buat pekerja migran Indonesia untuk menanti waktu sebelum mengolah keberangkatan, atau menanti tibanya keluarga untuk menjemput waktu pekerja migran kembali pada tanah air.
Salah satunya ide dari lounge ini ialah tempat berjumpanya keluarga dengan pekerja migran Indonesia waktu kembalinya.
4. Media digital untuk publikasi
PT Angkasa Pura II sediakan lebih dari 300 media digital di semua lapangan terbang, termasuk juga di Soekarno-Hatta untuk dipakai untuk media promo serta publikasi beberapa program service serta perlindungan buat pekerja migran Indonesia, hingga program itu bisa pas target serta digunakan secara baik.
5. Tempat penjualan produk UMKM dari pekerja migran
Lumayan banyak pekerja migran Indonesia yang telah kembali pada tanah air dan berwirausaha, diantaranya membuahkan beberapa produk untuk pasar export dan di negeri.
PT Angkasa Pura II memberikan dukungan penuh peningkatan usaha dari pekerja migran yang sudah kembali pada Indonesia, dengan sediakan tempat penjualan beberapa produk di terminal penumpang di Lapangan terbang Soekarno-Hatta.
Tempat penjualan itu terdapat di tempat SMMILE Center Terminal 3 Lapangan terbang Soekarno-Hatta serta sekarang ini dapat dipakai untuk mengenalkan beberapa produk UMKM dari pekerja migran Indonesia.
"Lapangan terbang Soekarno-Hatta adalah lapangan terbang paling besar serta tersibuk di Indonesia hingga adalah tempat yang pas supaya beberapa produk UMKM dari pekerja migran makin terkenal publik hingga bisa memperlebar pasar," tutur Muhammad Awaluddin.
Keseluruhan dari 5 sarana spesial itu, sekitar 3 sarana dapat dipakai yakni help desk, media digital untuk publikasi, serta tempat untuk pasarkan produk UMKM dari pekerja migran Indonesia.
"Dua sarana selekasnya mengejar yakni special lane diakhir September 2020 serta lounge diakhir Oktober 2020. Sesudah semua sarana ada di Soekarno-Hatta, jadi tidak tutup peluang sarana sama ada di lapangan terbang yang lain," jelas Muhammad Awaluddin.
Presiden Joko Widodo resmikan runway 3 (dasar picu) serta East Connection Taxiway (ECT), terminal 3 serta gedung VIP Lapangan terbang Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Tangerang, Banten, Kamis (23/1/2020) sore.